Sabtu, 01 November 2008

Pubertas Pria


Pubertas secara medis dapat diartikan sebagai masa mulainya siklus menstruasi yang pertama (pada perempuan) atau mulai mimpi basah (pada laki-laki) hingga berhentinya pertumbuhan tulang atau dewasa fisik
Masa puber terjadi pada usia kurang lebih 12 tahun hingga usia kurang lebih 22 tahun

MEKANISME
Pubertas seseorang dipengaruhi oleh 2 organ penting yang ada pada otak yaitu hypothalamus dan hypofise. Hypothalamus akan memberikan isyarat kapan pubertas harus dimulai kepada hypofise, isyarat tersebut berupa pelepasan hormon pembebas gonadotropin (GnRH). Dengan isyarat tersebut hypofise akan melepaskan hormon gonadotropin (FSH = Folicle Stimulating Hormone dan LH = Luteinizing Hormone) yang akan mengatur kelenjar kelamin (ovarium/testes) untuk mensekresikan hormon kelamin.

FAKTOR2 PENDUKUNG
Faktor-faktor genetik,
nutrisi dan
lingkungan (akan sangat mempengaruhi kapan isyarat tersebut terjadi)

HORMON
Pada laki-laki; LH disebut juga ICSH (Intertitial Cell Stimulating Hormone) merangsang sel-sel Leydig di dalam testis untuk mensekresikan hormon androgen (testosteron). Sedangkan FSH mempengaruhi tubula seminiferus untuk memacu spermatogenesis (pembentukan sperma )

FUNGSI HORMON TESTOSTERON
(1) memacu pertumbuhan penis dan testis/karakteristik seks primer pria.
(2) bersama androgen yang dihasilkan oleh anak ginjal, memacu pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki (pertumbuhan rambut di sekitar kemaluan, ketiak, kumis, jambang, perubahan suara menjadi lebih besar, bahu dan dada bertambah bidang, kulit kasar dan tampak berotot, pertumbuhan jakun).
(3) memacu spermatogenesis.
(4) mempengaruhi perilaku seksual laki-laki.
(5) memberikan umpan balik negatif terhadap GnRH dan gonadotropin, sehingga kadar hormon-hormon tersebut konstan.

Tanda-tanda pubertas pada laki-laki
1) mulai tertarik pada lawan jenis.
(2) testis dan penis tumbuh membesar, bila terangsang penis dapat membesar (ereksi) dan dapat mengeluarkan sperma (ejakulasi).
(3) mengalami mimpi basah.
(4) tumbuh rambut di bagian tertentu, kumis, jambang, jakun membesar dan terjadi perubahan suara
(5) bahu dan dada lebih bidang
(6) kulit kasar dan berotot
(7) keringat berbau.
(8) pertambahan berat dan tinggi badan.

Tidak ada komentar: