Sabtu, 01 November 2008

weT dReam??? apaaN tucH

















WET DREAMS (mimpi basah)…..

Mimpi (Dreams)
Adalah salah satu cara otak untuk mengeluarkan ide, hasrat, atau ketakutan yang terlalu abstrak, yang kemudian bertujuan untuk menyalurkan fantasi, ide, atau hasrat, secara mental. Sehingga tidak terlalu terbebani dengan hal-hal yang di alami.

Wet dreams
Adalah peristiwa ejakulasi (pengeluaran sperma) pada saat tidur, karena testis dan salurannya terisi penuh sperma. Dan juga wet dreams merupakan cara alami tubuh mengeluarkan timbunan sperma yang berbentuk secara terus-menerus.
Penyebab keluarnya sperma lewat mimpi itu karena faktor asupan makanan, rangsangan lingkuangan ataupun kegiatan sehari-hari yang mengakibatkan produksi sperma meningkat dan keluar pada saat tubuh istirahat.
Sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu tentang bakal sperma yang sudah ada sejak dahulu, tetapi baru matang dan dikeluarkan pada saat seorang pria masuk masa pubertas (sekitar 9-14 tahun). Saat pubertas itu organ reproduksi pria mulai aktif bekerja, sehingga testis dapat memproduksi 120 juta sperma setiap hari, yang dimatangkan di epididimis. Kemudian disimpan juga di epididimis dan ductus deferens, apabila sudah terlalu penuh, maka akan dikeluarkan dengan cara mimpi basah yang didahului mimpi erotis. Jadi, mimpi basah berbeda dengan menstruasi karena mimpi basah tidak mempunyai siklus yang tetap dan penyebabnya itu akibat adanya dorongan seksual, yang dihasilkan dari pengisian organ seksual dengan sekret. Perlu di ketahui juga bahwa tahap-tahapan mimpi basah sama dengan tahap-tahapan aksi seksual pada pria.

Proses terjadinya wet dreams
Yaitu anak laki-laki yang menginjak remaja akan mengalami masa pubertas dan mulai terjadi proses pematangan sperma yang terjadi di testis.
Produksi sperma seseorang dipengaruhi oleh faktor nutrisi (makanan), istirahat dan lain-lain. Sperma yang telah diproduksi, akan dikeluarkan dari testis melalui ductus deferens, kemudian berada dalam cairan semen yang diproduksi oleh kelenjar prostat dan kelenjar lainnya.
Semen yang telah mengandung sperma akan keluar dari dalam tubuh laki-laki melalui saluran kemih di corpus, pengeluaran sperma itu disebut ejakulasi dan ejakulasi yang alami tanpa rangsangan terjadi saat wet dreams.

Berapa kalikah mengalami wet dreams selama sebulan???
Wet dreams umumnya terjadi secara periodik, sekitar setiap 2 - 3 minggu. Sel sperma diproduksi oleh tubuh manusia dari makanan yang masuk setiap hari ke dalam tubuh. Sperma ini disimpan dalam epididimis, jika penuh akan secara otomatis keluar dan jika tidak terjadi pengeluaran, sperma ini akan diserap kembali oleh tubuh dan dikeluarkan melalui keringat, kotoran cair, dan kotoran padat. Sedangkan mereka yang sudah dewasa/menikah jarang mengalami wet dreams karena mereka teratur mengeluarkannya melalui hubungan seksual dengan pasangan/istri.

Tahapan aksi seksual pria
@ Fase perangsangan (ereksi), yaitu pengaruh pertama terhadap rangsangan seksual pria. Yang mana Impuls saraf parasimpatis yang menjalar dari medula spinalis ke penis --> Mensekresikan nitrogen oksida --> Melebarkan arteri dan otot dari korpus kavernosa dan spongiosa (dikelilingi lapisan fibrosa) --> Jaringan erektil menggembung --> Penis tampak mengeras dan memanjang.
@ Fase plateau (lubrikasi), yaitu peningkatan ereksi dan keluarnya lendir dari kelenjar uretra dan kelenjar bulbouretralis. Yang mana selama rangsangan seksual, impuls parasimpatis juga menyebabkan kelenjar urethra dan bulbourethralis mensekresi lender --> Lendir mengalir keluar melalui urethra untuk memudahkan proses coitus.
@ Fase orgasme (emisi dan ejakulasi), yaitu puncak dari aksi seksual pria/keluarnya sperma dari penis. Yang mana rangsangan seksual sangat kuat --> Medula spinalis melepas impuls simpatis --> Organ genital --> Kontraksi vas deferens dan ampula --> Sperma keluar ke urethra interna --> Sperma keluar ke urethra interna --> Cairan prostat dan seminalis --> Membentuk semen --> emisi. Pengisian urethra interna secara serempak à Sinyal sensoris melalui saraf pudendus -->Medula spinalis --> Timbul sensasi kepenuhan pada organ genitalia --> Kontraksi otot-otot iskiokavernosus dan bulbokavernosus --> Semen keluar dari urethra --> ejakulasi.
@ Fase resolusi, Setelah mencapai ejakulasi, gairah seksual menghilang. Jadi, kebanyakan pria setelah berereksi akan menghilang dan keadaan penis kembali seperti biasanya.


SPERMATOGENESIS

Spermatogenesis adalah perkembangan spermatogonia menjadi spermatozoa, kemudian mencakup juga tentang spermatositogenesis dan spermiogenesis. Spermatogenesis terjadi dalam testis, di tubulus seminiverus pada jaringan epithelium. Berlangsung selama 64 hari.
>Spermatositogenesis
Spermatogonia berkembang jadi spermatosit --> spermatid
>Spermiogenesis
Perubahan spermatid --> spermatozoa

Tahap Spermatogenesis
> Proliferasi Mitotik,
Ø Spermatogonium yang terletak di lapisan paling luar tubulus terus membelah dengan cara mitosis.
Ø Spermatogonia jenis A tetap berada di tepi luar tubulus untk terus menerus menyediakan sel induk.
Ø Spermatogonia jenis B berkembang jadi spermatosit primer.
Ø Spermatogonia membelah secara mitosis 2 kali untuk membentuk 4 spematosit primer.


> Meiosis,
Ø Setiap spermatosit primer(46 ganda) membentuk 2 spermatosit sekunder(23 ganda).
Ø Setiap spermatogonia bermitosis menjadi 4 spermatosit primer kemudian bermeiosis I menjadi 2 spermatosit sekunder setelah itu bermeiosis II menjadi 4 spermatid .
Jadi, 1 spermatogonia menghasilkan 16 spermatozoa. Spermatozoa berukuran 60 mikron, dan terdiri dari kepala, badan (leher) dan ekor.
> Pengemasan, spermiogenesis: pembentukan spermatozoa yang dapat bergerak, memerlukan remodeling ekstensif dan pengemasan (packaging) unsur sel.

1 komentar:

arjunnewsblog mengatakan...

ooh,, gtu bru bro,,, pdahal gw dari farmasi lohh,,,,biz cuman bisa di rasain pantes aja nikmat gtu,,,,cz waktu gw tanya ma bapak gw di gampar abiz-abizan,,,,,hee