Rabu, 12 November 2008

Hyperthyroidism

Hypertiroid
Hyperthyroidism

Penyelidikan dan pengaturan hyperthyroidism untuk wanita muda akan lebih kompleks. Dengan mempertimbangkan perlakuan fisik dan direkomendasikan medikasi antithyroid untuk keduanya diantaranya yodium radiaktif ke wanita usia reproduktif. Perlakuan dikontrol secara esensial terhadap keadaan wanita hyperthyroid sebelum berlangsungnya kehamilan; tindakan ini dilakukan selama bulan ketiga. Satu sampai dua tahun dipelajari medikasi antithyroid, berharap mendapatkan perlindungan thyrotoxicosis, direkomendasikan oleh para ahli. Sebagai ukuran untuk pencegahan terhadap kehamilan. Keprihatinan ini berlanjut setelah dapat obat antithyroid dalam kehamilan. Banyak para ahli memberikan radioactive iodine untuk memikirkan kelahiran, sejak dipersiapkan secara benar obat hyperthyroid. Baiklah ketika berkembang hypothyroidism sesudah radioiodine therapy, perlakuannya dengan hormon thyroid amat penting.

  • Apa itu hyperthyroidism?

    Hyperthyroidism adalah terlalu berfungsinya kelenjar gondok. Terlalu berfungsinya sehingga dihasilkan secara berlebih thyroid hormone. Sebab thyroid hormone mengontrol ke beberapa daerah tubuh, penambahan tingkat hormon ini menyebabkan peningkatan tubuh seperti such as heartrate, atau bertambahnya tekanan darah, yang dapat membahayakan tubuh.

  • Penyebab hyperthyroidism

    Graves' disease, adalah autoimmune disease, toxic nodules atau goiters pada thyroid. Pengobatan kelebihan thyroid ini diberikan kepada penderita, yakni pemberian yodium, thyroiditis.

  • Grave disease digambarkan dengan autoimmune disorder. Apakah maksudnya ?

    Ini dimaksudkan dengan buruknya fungsi immune system dalam tubuh – yang sistemnya terdiri dari bakteri dan kanker sell. Sistem kekebalannya menghasilkan antibodi (also known as immunoglobulins or lymphocytes), yang dapat merusak dan menyerang tubuh, terdapat banyak virus, bakteri dan lain-lain. Masalahnya suatu waktu sistem ini tidak dapat bertahan dengan baik karena diserang oleh sell yang rusak. Dalam Grave's Disease antibodi menghasilkan protein yang menyerang cell thyroid. Merespon thyroid sell dengan memproduksi banyak hormon, diantaranya overstimulate the thyroid.

  • Bagaimana biasanya autoimmune yang dihasilkan oleh hyperthyroidism?

    Pada kondisi ini kira-kira 10% dari populasi inherits satu sistem immunenya dapat membuat masalah tentang thyroid, hanya satu dari sepuluh sistemnya semuanya bermasalah.

  • Apa saja yang menyebabkan masalah sistem immune ?

    Dipercaya bahwa dapat membuat kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini tidak sama pada tiap keluarga tetapi diketahui secara umum dan dimengerti autoimmune diseases dan dilakukan penelitian secara intensive.

  • Bagaimana membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak ?

    Peneliti keluar terhadap masalah ini. Tekanan yang timbul dari kesalahan, akan membuat berkembangnya penyakit ini. Akibat stress yang akan mengurangi kekebalan yang ada dalam tubuh kita. Faktor yang lain adalah sejak keluarnya masalah graves disease disebabkan akibat merokok, radiasi pada leher, dan infeksi organisme yang disebabkan oleh virus.

  • Bagaimana mengetahui grave disease ?

    Grave disease ini diketahui setelah beberapa minggu atau beberapa bulan sebelumnya diketahui dulu adanya sakit yang disebabkan oleh gangguan kelenjar. Kita dapat merasakannya waktu merasa cemas atau stress. Yang menyebabkan kehilangan berat badan. Pada waktu yang lama akan mengakibatkan gejala seperti otot lemah, dan insomnia. Denyut nadi berdegup kencang, tidak tahan kepanasan serta keringat berlebihan. Pengalaman lain rambut rontok dan diarrhea. Untuk wanita biasanya mengalami mensturasi yang lama. Termaksud juga depressi, dan seperti disebut diatas tekanan darah kencang dan sangat berbahaya. Tetapi graves disease kelihatan juga pada kulit, seperti kulit kering dan mata.

  • Bagaimana Graves' Disease berpengaruh terhadap mata

    Grave disease ini berhubungan dengan radang mata, bengkak pada mata, Ketika waktunya mencapai 99% radang mata tidak tampak serius atau menjadi masalah permanent. Disebut graves disease karena mengalami radang mata dan pembengkakan pada mata dibelakang bola mata. (the medical term is exophthalmos), kaburnya pandangan, mata merah atau meradang dan pandangan ganda. Dipercaya bahwa bengkak yang menyebabkan diserangnya antibodi otot mata. Sehingga mata amat sensitif terhadap cahaya dan merasa ada sesuatu di dalam mata. Gejala seperti itu biasanya timbul waktu enam bulan ketika didiagnosa dengan menggunakan Graves' Disease.

  • Bagaimana Graves' Disease terhadap kulit ?

    Walaupun langka, pasien graves' disease kadang-kadang mengakibatkan penebalan pada kulit serta kulit menjadi kemerah-merahan (pretibial skin). Kondisi ini diketahui dengan "pretibial myxedema" (merujuk kepada dermopathy). Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak terlihat serius mungkin juga bisa menjadi mulainya hyperthyroidism. Mungkin dipercaya dapat membuat bengkak pada mata dan akan menjadi pretibial skin yang menyebabkan rusaknya anti bodi. Apa yang perlu kita ketahui tentang graves' disease ?

      - Ada gejala hyperthyroidism pada mata sehingga terjadi komplikasi,

      - Banyak merokok sehingga memperburuk mata yang dihubungkan dengan graves' disease.

      - Penderitanya lebih banyak wanita daripada laki-laki dengan rasio 8 : 1.

      - Biasanya terjadi pada usia setengah baya.

    Sejak diketahui adanya hyperthyroidism, akan membahayakan, disebabkan bentuknya yang berubah-ubah, kita dapat melihat bagaimana hyperthyroidism didiagnosa.

  • Mendiagnosa varian hyperthyroidism?

    Diagnosa pertama biasanya dilakukan dengan sederhana setelah itu memerlukan permeriksaan selanjutnya.

    - Besarnya kelenjar gondok

    - Debar jantung berdegup kenjang

    - Kulit menjadi tipis

    - Tangan bergetar

    - Untuk graves' disease gangguan pada kulit dan mata

    Faktor lainnya :

      - Kecapean

      - Bekeringat

      - Kehilangan berat badan

      - Gampang marah

      - Gelisah

      - Depressi

      - Kurang selera makan

      - Turunnya gairah sex

      - Lemahnya otot, khususnya otot paha bagian atas

      - Kurang konsentrasi

      - Tidak tahan panas

      - Merasa kedinginan

      - Gugup dan lekas marah

      - Susah tidur atau insomnia

      - Kelakuan tak menentu

      - Untuk wanita gangguan siklus mensturasi

      - Tidak subur, sering mengalami keguguran

      - Sering buang air besar

Sejarah kedokteran juga menunjukkan diagnosa hyperthyroidism, secara khusus:

      - Kedua-dua nya atau salah satu underactive thyroid

      - Rambut abu-abu pada usia diatas 20 tahun

      - Mempunyai masalah immune system, juga gangguan diabetes.

    Diagnosa terakhir dibuat untuk mengetes darah yang tidak normal, tingginya tingkatan thyroid hormone di bawah TSH ( thyroid-stimulating hormone) yang menghasilkan kelenjar pituitary. Rendahnya TSH darah dipercaya dapat menimbulkan hyperthyroidism. Pada kasus lain, kelenjar di bawah otak akan menghasilkan kelebihan jumlah TSH. Ditingkatkannya kadar TSH maupun hormon thyroid pada darah. Kadang-kadang ditambahkan thyroid-stimulating antibodies (TSAb) atau Thyroid Stimulating Immunoglobulin (TSI) diukur dalam darah. Akhirnya gambaran tentang radioaktif thyroid dibuat dengan radioactive iodine (disebut juga RAI) di dalam mulut, dapat juga dilihat pada kelenjar overaktif thyroid.

  • Apakah yang menyebabkan yodium menjadi hyperthyroidism?

    Yodium yang digunakan adalah membuat hormon-hormon thyroid. Terlalu banyak yodium juga akan mengakibatkan hyperthyroidism. Hyperthyroidism juga disebabkan karena kelebihan yodium dan bentuknya biasanya tidak normal kelenjar ini disebut juga dengan goiter atau multinodular goiter. Kelebihan yodium ini dapat mengakibatkan pengobatan yang sulit. Seperti amiodarone atau pengobatan jantung.

  • Apa itu thyroiditis dan apa yang menyebabkan hyperthyroidism?

    Thyroiditis adalah radang kelenjar thyroid. Secara umum terjadi akibat virus (which is known as subacute thyroiditis) atau terjadi sebelum masa kehamilan (postpartum thyroiditis). Tidak ada yang spesifik tentang virus atau bakteri ini Keadaannya dapat berlangsung lama, selama 3 sampai 6 bulan. Pertama thyroid akan mengeluarkan kelenjar thyroid yang dihasilkannya ke dalam hyperthyroidism. Kemudian akan menguras hormon, sedikit hormon yang dihasilkan menghasilkan sehingga menyebabkan hypothyroidism. Diagnosa secara thyroiditis dibuat dengan membersihkan kelenjar thyroid. Dibahas diatas. Thyroiditis sendiri akan menyebabkan sedikitnya RAI. Radang thyroid ini akan menyebabkan hyperthyroidism. Sebab bentuknya yang besar serta dapat diobati sendiri oleh penderita dan biasanya hanya memberikan beta-blocker. Diberikan juga anti radang seperti aspirin ditambahkan kepada penderita kelenjar thyroid. Jika thyroiditis adequat diberikan corticosteroid untuk mengurangi radang kelenjar.

  • Cara apa yang digunakan untuk mengontrol gejala hyperthyroidism?

    Bagaimanapun juga metode pengobatannya adalah dengan memberikan beta-adrenergic atau juga obat beta blockers, diantaranya atenolol (Tenormin ), nadolol (Corgard ), metoprolol (Lopressor ), or propranolol (Inderal ), mencegah beredarnya thyroid hormone ke dalam tubuh membuat jantung berdetak lambat dan mengalami nervous. Obat ini digunakan secara cepat untuk mengurangi gejala bahaya yang mungkin timbul akibat perlakuannya. Tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita asma dan gagal jantung, yang menyebabkan buruknya kondisi tubuh. Kalau dia pasien diabetes diberikan insulin karena akan menghalangi obat beta-blocking kepada penderita yang menderita gula rendah. Akhirnya obat ini tidak dapat ditukar ke dalam perlakuan, tetapi akan menormalkan karena akan membuat merasa lebih baik.

  • Pengobatan pertama terhadap Graves' Disease?

    Langkah pertama yang dilakukan, kalau penyakitnya ringan terjadi pada anak atau orang usia muda dibutuhkan kontrol yang seksama (as with elderly patients whose heart disease puts them at risk from the increased heart rate associated with Grave's Disease). Sebaiknya diberikan obat antithyroid diantaranya propylthiouracil (PTU) and methimazole (Tapazole ). Obat ini dibuat sangat sulit digunakan dan dibutuhkan pada hormon thyroid yang akan menghasilkan penambahan hormon. Meskipun kedua obat digunakan selama kehamilan, PTU dirasa lebih baik. Hasilnya 5 % akan mengakibatkan merah-merah pada kulit. 0.05% pasien akan mengalami infeksi serius.

  • Apakah efek obat anti thyroid ?

    5% obat antithyroid bereaksi terhadap gatal-gatal terhadap kulit, dan kadang-kadang demam, gelisah dan nyeri sendi. Berakibat juga terhadap sell darah putih yang merupakan bagian sistem immune tubuh sehingga rentan terhadap infeksi. Kondisi disebut juga dengan istilah agranulocytosis. Yang akan menyebabkan infeksi serius. Stop terhadap penggunaan obat karena berbahaya terhadap sell darah putih. Jika mengalami infeksi stop segera pemakaian obat. Dan infeksinya dapat berakibat fatal. Hypothyroidism dapat dihasilkan dari obat antithyroid biar pembedahan dan radiasi dilakukan.

  • Jika obat tidak berfungsi apa perlakuan selanjutnya ?

    Banyaknya pasien hyperthyroid akan diperlakukan dengan radioactive iodine atau dengan kata lain RAI. RAI diatur dalam mulut bentuknya kapsul atau cair. Apa yang terjadi terhadap RAI dari perut sampai aliran darah terhadap kelenjar thyroid. Sebab kelenjar thyroid membutuhkan hormon thyroid.

  • Apa yang terjadi terhadap tubuh akibat radiasi

    Akhirnya tubuh akan kebanyakan RAI sampai ke urine. RAI akan menjadi nonradioaktif.

  • Menggunakan perlakuan radiasi secara aman

    Perlakuan ini digunakan sejak 1940 dan tidak ada yang serius melanjutkannya. Sebaiknya RAI tidak dapat digunakan selama kehamilan.

  • Berapa lama RAI bekerja

    Banyak pasien selama 3 sampai 6 bulan merasa puas setelah melakukan RAI.

  • Apakah efek samping dari radiasi ?

    Efek samping utama menyebabkan banyak thyroid yang tidak terkontol, dan banyaknya pasein yang menjadi underactive (hypothyroidism) setelah RAI. Kondisi ini dengan perlakuan supplement hormon. Kelihatannya percuma. Tetapi hyperthyroidism amat berbahaya dan sulit dikontrol.

  • Apakah ada alternatif lain untuk menggunakan obat atau radiasi

    Mencegah pembedahan pada kelenjar thyroid. Bagaimanapun juga dibutuhkan sebelum melakukan pembedahan diantaranya :

      - Pertama, pembedahan hyperthyroidism yang menimbulkan resiko setelah dikontrol atau pemberian antithyroid dengan obat beta blocking. Karena itu kedua propylthiouracil atau Tapazole diteliti secara normal selama 6 minggu.

      - Sering, setelah pembedahan memberikan pengaruh berkurangnya suplay darah ke kelenjar thyroid dengan demikian sehingga pembedahan lebih mudah dan aman.

    Tujuan pembedahan hanya mencegah kelenjar thyrodi untuk tidak berfungsi secara normal. Jika tidak maka pasien akan menjadi hypothyroid. Ada juga komplikasi setelah pembedahan. Pembedahan secara khusus meliputi :

      - wanita hamil yang tidak bisa bertoleransi terhadap pengobatan antithyroid

      - Pasien yang tidak ingin melakukan RAI tetapi ingin pengobatan secara berlanjut.

Faktor resiko dan diagnosa

Faktor-faktor resiko dari hyperthyroidism meliputi :

  • Keturunan keluarga yang mengidap penyakit thyroid
  • Orang tua (mengalami masalah thyroid)
  • Kedua orang tua ayah dan ibu (mengalami masalah thyroid)
  • Saudara kandung (mengalami masalah thyroid)
  • Anak (mengalami masalah thyroid)
  • Saya telah memeriksa thyroid saya dulu untuk melihat perubahan
  • Saya mendapatkan diagnosa awal dari benjolan
  • Saya mendapatkan goiter pada benjolan thyroid nya
  • Hypothyroidism atau hyperthyroidism saya pernah diobati dulu
  • Post-partum thyroiditis atau hyperthyroidism saya selama kehamilan pada waktu dulu
  • Saya pernah mengidap thyroiditis pada waktu dulu
  • Saya memiliki gejala lain autoimmune
  • Saya sekarang hamil atau saya sudah mempunyai bayi sembilan bulan yang lalu
  • Saya memiliki sejarah keguguran kandungan
  • Saya pernah menggunakan radioactive ketika saya Graves' Disease/hyperthyroidism
  • Saya pernah menggunakan obat antithyroid ketika saya diagnosa mengidap hyperthyroidism

Gejala dari hyperthyroidism secara detail oleh Merck Manual, the American Association of Clinical Endocrinologists, and the Thyroid Foundation of America.

  • Hatiku merasakan seolah-olah berhenti sejenak dan berdebar-debar
  • Denyut nadi ku tidak secepat biasanya
  • Denyut nadiku, ketika saya sedang istirahat berdetak cepat
  • Tanganku bergetar ketika sedang berjabat tangan
  • Saya merasa panas ketika yang lain merasa dingin
  • Saya mengalami peningkatan keringat
  • Saya sedang mengalami penurunan berat badan
  • Saya sedang mengalami penurunan berat badan tapi nafsu makan tambah
  • Saya merasakan seperti memilki banyak energi yang harus saya keluarkan
  • Saya mengalami diare atau sering buang air besar
  • Saya sering merasa gugup
  • Kulitku terasa tipis
  • Otot ku terasa lemah terutama pada bagian paha atas
  • Saya sulit tidur sering terjaga dan tidur nya ketika tengah malam
  • Saya sering merasa lelah yang sangat
  • Rambutku terlihat kering, patah-patah dan rontok
  • Kulitku terasa kering, tipis, dan kemerah-merahan
  • Suara saya terasa serak
  • Saya memiliki rasa sakit pada bagian sendi tangan dan kaki
  • Siklus menstrurasi saya tidak teratur (lebih cepat, lebih lama atau lebih berat atau frekuensi lebih banyak atau bahkan tidak sama sekali)
  • Saya mengalami masalah dalam merawat seorang bayi
  • Saya pernah mengalami keguguran sekali atau lebih
  • Saya merasa tertekan
  • Saya sering merasa gelisah
  • Saya sering terserang rasa panik
  • Saya baru saja didiagnosa mengalami panik yang berlebihan, gelisah yang berlebihan atau serangan panik.
  • Disekitar mata dan muka saya mengalami kebengkakan
  • Mataku terlihat seperti membesar atau terlihat berkunang-kunang
  • Mudah mengalami perubahan
  • Saya sering mengalami rasa bersalah yang berlebihan
  • Saya sulit konsentrasi atau fokus
  • Saya sering merasa sedih
  • Saya terlihat kehilangan rasa ketertarikan terhadap aktifitas sehari-hari
  • Saya lebih pelupa
  • Saya juga mendapat penambahan gejala seperti di bawah ini yang telah, dilaporkan oleh kebanyakan orang yang mengidap hyperthyroidism. Seperti :
  • Rambutku rontok
  • Sulit untuk mengingat sesuatu
  • Gairah seks menurun atau mengalami masalah seksual
  • Sering mendapatkan infeksi yang lama sembuhnya
  • Saya merasa nafasnya pendek dan terasa tercekik
  • Mataku terasa kering dan mengganjal
  • Mataku sensitif terhadap cahaya.
  • Mataku bila digerakkan terasa sakit yang menyebabkan pula sakit kepala
  • Saya merasa aneh pada bagian leher dan tenggorokan.
  • Kuping terasa berdengung
  • Saya mengidap infections sinus
  • Saya merasa pusing
  • Saya merasa kepala berputar-putar
  • Saya sering merasa keram

Gejala thyroid pada ibu selama kehamilan
Fungsi thyroid pada saat kehamilan

Kelenjar thyroid merupakan hal yang normal pada saat kehamilan meskipun kehamilan wanita normal sering meningkatkan gejala suggesting hyperthyroidism, seperti detak jantung yang cepat, berkeringat dan tidak dapat toleransi terhadap panas. Gejala metabolisma meningkat pada saat kehamilan jadi dapat memudahkan untuk melihat kenapa hyperthyroidism sering menghilang meskipun sebenarnya muncul pada setiap 1000 kehamilan. Kelenjar thyroid yang normal muncul dalam jumlah yang sedikit pada saat kehamilan tetapi kehadirannya sering mempengaruhi perubahan kelenjar ini berarti bahwa permasalahan pada thyroid yang membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jumlah serum thyroxine (T4) dan tiiodothyronine (T3) meningkat pada waktu kehamilan selama estrogennya tinggi yang akan meningkatkan hormon thyroid konsentrasi pengikatan protein. Meskipun hal ini menyebabkan fungsi thyroid lebih sulit ditebak, produksi hormon thyroid adalah hal yang normal pada wanita yang hamil.

Thyroid bayi berfungsi setelah usia 10 sampai 12 minggu usia kehamilan. Hormon thyroid penting untuk pertumbuhan dari sistem syaraf pusat dan hal ini mungkin diperoleh dari kedua sekresi kelenjar thyroid bayi sejumlah besar dari hormon thyroid ibu yang melewati plasenta. Yodium pada ibu siap untuk menyebar melewati plasenta dan digunakan untuk kelenjar thyroid janin untuk membuat hormon thyroid. Pengurangan yodium dapat menyebabkan hypothyroidism atau penghambat mental dan hal tersebut merupakan sebuah permasalahan kesehatan dunia yang terdapat pada negara belum berkembang. Sejak kelimpahan yang berlebihan dari jumlah yodium di Amerika.

    Apakah gejala perubahan normal pada fungsi thyroid yang dikaitkan dengan kehamilan ?

Perubahan hormon. Sebuah kehamilan yang normal menghasilkan sejumlah psikologi penting dan perubahan hormon setelah thyroid berfungsi. Perubahan ini dapat diartikan bahwa test laboratory dari fungsi thyroid dapat ditebak dengan penyebab-penyebab selama kehamilan berlangsung. Test fungsi thyroid berubah selama kehamilan yang dipengaruhi oleh 2 hormon utama : hormon chorionic gonadotropin (hCG), hormon yang dapat menandakan kehamilan dan estrogen yang merupakan hormon utama seorang wanita. HCG dapat melemahkan thyroid dan sirkulasi HCG yang tinggi pada saat 3 bulan pertama dapat menyebabkan kekurangannya TSH. Hal itu terjadi TSH akan menurun secara dramatis pada saat 3 bulan pertama dan kembali normal selama kehamilan berlangsung.

TABLE 1:

1st Trimester 2nd Trimester 3rd Trimester

TSH .................................Normal or Decreased ............ Normal ......................Normal

Free T4 ...................................... Normal........................ Normal ......................Normal

Free T3 .......................................Normal........................ Normal ......................Normal

Total T4 ......................................... High .......................... High ......................... High

Total T3 ......................................... High .......................... High ......................... High

T3 Resin Uptake ............................ Low .......................... Low .......................... Low

(Inverse measure of protein binding)

Free T4 Index (FT4I, FTI) ..........Normal....................... Normal ......................Normal

Estrogen meningkatkan jumlah hormon thyroid pengikat protein di dalam serum yang meningkatkan juga jumlah hormon thyroid darah ketika > 99 % dari hormon thyroid yang terdapat dalam darah yang mengikat protein tersebut. Bagaimanapun juga pengukuran hormon bebas (yang tidak terikat oleh protein, memunculkan bentuk aktif dari hormon) biasanya kembali normal. Fungsi thyroid akan kembali normal jika TSH, T4 bebas dan T3 bebas semuanya normal selama kehamilan perubahan ukuran. Kelenjar thuroid dapat meningkat ukurannya selama kehamilan (thyroid membesar – goiter) bagaimanapun juga kehamilan berkaitan dengan goiter dapat terjadi nya frekuensi lebih dalam area devisiensi yodium di dunia. Hal itu jarang terjadi di Amerika, selama yodium tercukupi jika teknik penggambaran sangat sensitf (ultrasound) digunakan mungkin dapat mendeteksi peningkatan volume thyroid pada beberapa wanita. Hal ini biasanya hanya 10 sampai 15 % peningkatan pada ukuran dan bukan kejelasan pada uji ahli. Bagaimanapun juga, beberapa goiter terlihat berkembang dengan jelas dan membuat dokter mengukur fungsi thyroid melalui test.

Interaksi antara fungsi thyroid dari ibu dan bayi

Untuk 10 – 12 minggu pertama kehamilan bayi sangat tergantung pada produksi hormon thyroid ibu selama akhir dari tiga bulan pertama thyroid bayi mulai membentuk hormon thyroid sendiri. Bagaimanapun juga bayi tergantung pada ibu untuk mencerna sejumlah besar yodium yang penting untuk membuat hormon thyroid. WHO merekomendasikan konsumsi 200 micrograms/hari selama kehamilan untuk menjaga produksi hormon thyroid. Diet yang normal di Amerika masih tetap mencukupi kebutuhan yodium jadi penambahan supplement yodium cukup dibutuhkan.

    Penyebab yang paling sering dari gejala dari hyperthyroidism selama kehamilan

Secara keseluruhan penyebab utama (80-85%) dari hyperthyroidism selama kehamilan adalah gejala grave' disease terjadi pada 1 dari 1500 kehamilan. Agar penyebab lain dari hyperthyroidism, HCG yang tinggi terlihat dari beberapa bentuk rasa sakit pada pagi hari (hyperemesis gravidarum), yang dapat menyebabkan hyperthyroidism akut. Diagnosis dari hyperthyroidism dapat sulit diketahui selama kehamilan. Seperti 123I melihat diagnosa thyroid di kontra diksikan selama kehamilan dimana sejumlah besar radioactive yang dikonsentrasikan pada thyroid bayi. Dengan konsekuensi diagnosa tersebut berdasarkan sejarah kehati-hatian, test phisik dan test laboratorium.

Resiko dari graves' disease / hyperthyroidism pada ibu

Graves disease dapat memunculkan tanda-tanda selama 3 bulan pertama atau selama waktu seorang wanita diketahui telah menurun. Untuk dapat memudahkan pengelompokan gejala dikaitkan dengan hyperthyroidism, pencegahan kandungan yang mengidap hyperthyroidism dapat menghasilkan komplikasi yang serius seperti preaklamsia. Lebih dari itu wanita dengan graves' disease aktif selama kehamilan mempunyai resiko yang lebih tinggi hyperthyroidism berkembang selama kita ketahui seperti gejala. Graves' disease sering meningkat selama 3 bulan masa kehamilan dan dapat lebih buruk selama kematangan masa kehamilan.

Resiko dari Graves' disease terhadap bayi

Resiko graves' disease terhadap bayi terdapat tiga mekanisme kemungkinan : Hyperthyroidism yang tidak terkontrol : Hyperthyroidism yang tidak terkontrol dihubungkan dengan tachycardia bayi (detak jantung yang cepat), kemungkinan kecil usia pencernaan bayi, bayi prematur, kemungkinan bentuk dan gerak yang tidak sempurna. Ini adalah alasan lain kenapa sangat penting untuk mencegah hyperthyroidism pada ibu.

Peningkatan TSI yang sangat ekstrem : graves' disease adalah sebuah kelainan autoimmune yang disebabkan oleh produksi antibodies yang menstimulasi kelenjar thyroid hasil dari TSI. Anti bodi tersebut disalurkan melalui plasenta yang berhubungan langsung dengan thyroid bayi. Meskipun kelainan (2-5% dari kasus kandungan yang graves' disease). Peningkatan TSI tinggi dapat menyebabkan neonatal hyperthyroidism pada bayi. Beruntungnya tipe seperti ini hanya terjadi ketika TSI ibu sedang tinggi (kebanyakan di atas normal). Pengukuran TSI pada ibu yang terkena graves disease sering dilakukan per 3 bulan. Pada ibu yang mengidap graves disease sangat dibutuhkan therapi dengan obat anti thyroid, bayi hyperthyroidism selama TSI nya ibu jarang terjadi, sejak obat anti thyroid juga melewati plasenta. Dari potensial tersebut lebih ditepatkan pada bayi yang ibunya mendapatkan prioritas perawatan untuk graves disease (sebagai contoh yodium radioactive atau pembedahan) yang tidak membutuhkan obat anti thyroid dalam jangka panjang. Sangatlah penting untuk menceritakan kepada dokter bahwa kamu telah mengidap graves disease sebelumnya, jagi pemantauan awal dapat dilakukan terlebih dahulu bahwa bayi sehat selama kehamilan.

Terapi obat anti thyroid. Methimazole (Tapazole) or propylthiouracil (PTU) adalah satu ATDs yang tersedia di Amerika Serikat untuk mencegah hyperthyroidism. Kedua jenis obat ini melewati plasenta dan dapat berpotensi merusak fungsi thyroid bayi dan menyebabkan tonjolan atau goiter yang berbahaya. Dengan sejarah, PTU merupakan obat yang dipilih untuk mengobati hyperthyroidism kandungan, mungkin dikarenakan cairan transplasental lebih sedikit daripada Tapazole. Bagaimanapun juga, studi terbaru menyatakan bahwa kedua obat aman digunakan selama mengandung. Hal tersebut direkomendasikan bahwa kemungkinan terendah dari dosis ATD dapat digunakan untuk mengontrol hyperthyroidism keibuan. Untuk mengurangi perkembangan dari hyperthyroidism pada bayi atau kandungan. Selain kemunculan dari obat yang dapat meningkatkan resiko angka kemunduran kelahiran. Kesemuanya, menjadi sebuah keuntugan untuk si bayi dari hasi perawatan ibu yang hyperthyroidism selama kehamilan yang dapat beresiko kehilangan berat badan namun dapat dimonitor dengan seksama.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

hyperthytoid ini selain dapat menyebabkan keguguran juga dpt menyebabkan kekerdilan pada bayi yg dilahirkan..demikian pendapat Dokter saya, sangat mengerikan.