Rabu, 12 November 2008

Thyroid Disorders with Thyrotoxicosis


THYROID DISORDERS

Apa yang dimaksud dengan Thyroid

Thyroid adalah sebuah kelenjar kecil, yang bentuknya seperti seekor kupu-kupu, berada di bawah leher. Yang fungsinya menghasilkan kelenjar hormon. Hormon yang dihasilkannya adalah thyroid yang terdiri triiodothyronine, T3, dan thyroxine, T4. Hormon thyroid tersebut mengatarkan energi ke sell tubuh. Warnanya merah kecoklatan, berada ditengah antara kiri dan kanan disebut juga cuping kelihatan seperti sayap kupu-kupu. Tampak jelas seperti seekor kupu-kupu dan biasanya beratnya hanya beberapa ons.

Meskipun bentuknya yang kecil, berfungsi menghasilkan thyroid, khususnya untuk yang berumur belasan tahun. Memproduksi hormon juga membantu mengontrol pertumbuhan metabolisme tubuh. Untuk menghasilkan thyroid, membutuhkan unsur kimia agar menghasilkan yoium.yang diserap dari makanan dan minuman yang kita minum. Di dalam tubuh kita terdapat 50 mg yodium. Kira-kira 1/5 sampai 1/3 di suplai (10 sampai 15 mg) thyroid disimpan di dalam tubuh. Thyroid bergabung dengan yodium untuk membuat dan menghasilkan hormon penting (asam amino esensial) dengan tyrosine.

Hormon thyroid dihasilkan dari kelenjar dan mengalir lewat sell darah dalam sell tubuh. Membantu mengontrol pertumbuhan dan struktur tulang, pertumbuhan seksual (pubertas), dan fungsi tubuh lain. Membantu sell, mengubah kalori dan oksigen untuk dapat menghasilkan energi, hormon ini amat penting untuk deteminasi tubuh. Hormon-hormon thyroid juga mempengaruhi banyak fungsi organ. Jika thyroid tidak berfungsi sebagai mana mestinya, kita akan mendapat banyak masalah dalam tubuh.

Dimana dan bagaimana kerja thyroid ?

Thyroid adalah sebuah kelenjar kecil seperti dasi kupu-kupu, tempatnya di bawah leher, terbelit pada batang tenggorok. Dibelakang atau di bawah jakun. Thyroid menghasilkan beberapa hormon, diantaranya triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4). Hormon ini membantu mendapatkan oksigen di dalam sell, dan membuat metabolisme kelenjar.

Hanya sell thyroid yang menghasilkan dan menyerap yodium dalam tubuh. Thyroid mengambil supplement makanan lewat yodium, melarutkan garam dalam yodium dan bergabung dengan asam amino tyrosine. Thyroid kemudian mengubah yodium dengan hormon-hormon T3 dan T4. T3 dan T4 saling berhubungan dengan molekul hormon throid.

Bila kondisinya baik, seluruh hormon diproduksi oleh kelenjar thyroid, 20% adalah T3 dan 80% adalah T4. Hormon T4 dipertimbangkan lebih kuat daripada hormon T3. Pertama kali dihasilkan oleh thyroid, T3 dan T4 dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh. Dimaksudkan membantu sell mengubah kalori dan oksigen menjadi energi. Dikatakan thyroid, memproduksi beberapa hormon T3. Tetapi sisa hormon T3 diperlukan oleh tubuh dari banyaknya T4 yang tidak aktif sehingga dikonversi dari T4 ke T3. Konversi ini dari T4 ke T3 dapat dibuat dibeberapa organ tubuh yang lain kemudian thyroid, termasuk hypotalamus di bagian otak.

Sebagian thyroid memproses balik. Sel otak hypothalamus melepaskan Thyrotropin-releasing Hormone (TRH). Kelenjar TRH dilepaskan ke kelenjar pituitary. Thyroid Stimulating Hormone (TSH). TSH ini beredar ke aliran darah menghasilkan hormon-hormon dan mengalir ke sel darah.

Apa itu Thyroid Disease

Penyakit thyroid terjadi ketika kelenjar thyroid tidak mensuplai sejumlah hormon yang cocok.dengan tubuh. Jika thyroid over aktif, akan dihasilkan terlalu banyak hormon thyroid ke dalam sel darah, menghasilkan hyperthyroidism. (“Hyper” berasal dari bahasa Yunani, maksudnya “lebih” atau “diatas”). Hyperthyroidism dibuat di dalam tubuh dengan cepat dengan menggunakan energi, dan aktifitas kimia (seperti metabilisma) diatas kecepatan sell. Kurang aktifnya thyroid yang dihasilkan oleh hormon, menghasilkan hypothyroidism. ("Hypo" dimaksudkan "dibawah" atau "kurang.") Ketika beberapa hormon dihasilkan ke sel darah dibawah normal, tubuh menggunakan energy dengan lambat, dan aktifitas kimia (metabolisma) di dalam sell lambat. Meskipun kedua kondisi berbeda antara hyperthyroidism dan hypothyroidism thyroid menjadi lebih besar kemudian normal. Besarnya kelenjar thyroid seperti benjolan bisa di raba yang letaknya di depan leher di bawah kulit. Kalau cukup besar dapat dilihat dengan mudah, dinamakan dengan goiter. Orang yang tidak mendapatkan yodium atau kurang yodium dapat memperbesar kelenjar thyroid, tetapi langka di Amerika Serikat karena makanan disana mengandung cukup yodium.

Penyebab Thyroid Disease

Apakah yang menjadi penyebab masalah ? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah thyroid;

  1. Kekurangan yodium dapat menyebabkan masalah thyroid.
  2. Pengobatan radiasi ke kepala, leher atau dada. Pengobatan radiasi amandel, kelenjar gondok, getah bening, kelenjar timus atau jerawat.
  3. “Terapi radium hidung”, terjadi selama tahun 1940 sampai 1960, pengobatan untuk radang amandel, pilek dan penyakit lain atau anggota militer angkatan laut, dan atau pilot yang mendapat tekanan secara drastis.

    Kelebihan mengkonsumsi makanan mentah, seperti yang di Brussel, brokoli, rutabaga, lobak turnip, kohlrabi, lobak, kembang kol, singkong Afrika, tanaman millet, babassu, kubis dan kol.

    Pengobatan pembedahan kanker thyroid, goiter atau nodules, pemindahan thyroid, meninggalkan hypothyroid.

  1. Beberapa obat, seperti lithium dan obat jantung cardarone, dapat menyebabkan hypothyroidism.
  2. Radioactive iodine treatment (RAI) untuk Graves' disease dan model hypothyroid yang ditinggalkan hyperthyroidism.
Beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya penyakit thyroid disease
  • Salah satu keluarga mempunyai masalah dengan thyroid
  • Salah satu keluarga terkena autoimmune disease.
  • Wanita
  • Diatas 60 tahun
  • Baru melahirkan
  • Mendekati masa menopausal atau menopause
  • Perokok
  • Terkena radiasi
  • Terkena lithium

Thyroid Disorders dan Kehamilan

Saat ini 2 % s/d 5 % penyakit thyroid disease diderita oleh wanita dan 1% s/d 2 % diantaranya wanita yang tidak produktif. Tak dapat dibayangkan, masalah thyroid banyak dialami wanita hamil. Dalam artikel ini akan digambarkan tentang kehamilan yang termasuk ke dalam masa antepartum (sebelum kehamilan) dan postpartum (sesudah kehamilan) selama kehamilan. Keduanya ibu dan anak sama pentingnya. Disini akan digambarkan dan diperkenalkan tentang thyroid disorders yang berhubungan dengan kehamilan yang banyak ditanyakan oleh pasien.

Pandangan Penyakit Thyroid pada Kehamilan

Beberapa penyakit thyroid cenderung terjadi selama masa kehamilan dengan kekebalan alami sekalipun. Ini dimaksudkan perkembangan anti bodi langsung menyerang sell thyroid, yang mana kemudian berakibat terhadap fungsi kelenjar thyroid. Anti bodi mengalami kerugian sell thyroid yang dihasilkan di lymphocytic thyroiditis (inflammation of the thyroid), juga dikenal sebagai Hashimoto's disease. Kerugian anti bodi ini akan mengurangi thyroid dan menyebabkan hypothyroidism. Tubuh kita dapat membuat anti bodi untuk melawan jaringan thyroid yang dapat menstimulasi fungsi sell thyroid. Pada kasus ini kelebihan fungsi dari thyroid hyperthyroidism (Grave disease) akan dihasilkan.

Thyroid Disease and Kesuburan

Hypothyroidism dapat juga berhubungan dengan bertambahkan masa mensturasi pasien dan rusaknya thyroid, dan tidak mengalami masa mensturasi (amenorrhea) ketika terkena hypothyroidism. Ada beberapa masalah dengan ovulasi dan kehamilan tentang hypothyroidism atau berhubungan dengan berubahnya hormon. Sebagai contoh beberapa pasien yang terkena hypothyroidism, kelenjar pituitary menghasilkan bertambahnya hormon prolactin. Bertambahnya getah prolactin dapat memberhentikan masa mensturasi. Amat jarang masalah ovarian autoimmune pada waktu yang sama dengan hypothyroidism, dengan menghancurkan anti bodi langsung menyerang jaringan. Hyperthyroidism dapat juga berhubungan dengan tidak teraturnya masa mensturasi, dan menyebabkan kurang kesuburan. Thyroid disease seharusnya dipertimbangkan pasien yang mengalami masalah mensturasi atau kurang subur. Beruntunglah keduanya diperlakukan secara memadai antara hypo- nor hyperthyroidism yang berdampak pada kesuburan.



Thyrotoxicosis

Thyrotoxicosis berarti hormon thyroid dalam tubuh yang melebihi batas. Kondisi seperti ini juga berarti bahwa kamu memiliki TSH yang rendah dalam aliran darah, karena pituitary mendeteksi bahwa kamu memiliki hormon thyroid yang cukup. Jika kamu mengidap throtoxic, kamu merasa gugup sebab seluruh fungsi tubuhmu bergerak ke atas.

Hyperthyroidism juga diartikan sebagai kelebihan thyroid yang paling umum disebabkan thyrotoxicosis dan menimbulkan produksi kelenjat thyroid terlalu banyak. Penyebab umum hyperthyroidism adalah graves disease dimana sistem immune tidak terlalu berjalan, antibodies lemah yang menyerang thyroid sell. Proses stimulasi kelenjar thyroid menyebabkan pertumbuhan produksi hormon thyroid tinggi yang berkisar sekitar 70-80% pasien dengan hyperthyroidism mengidap graves disease dan dapat menular sekeluarga.

Sign and Symptoms

Thyrotoxicosis halus tidak dapat menyebabkan gejala apapun ketika permulaannya. Gejalanya berhubungan dengan beberapa diantaranya :

  • Kegugupan
  • Emosional
  • Mudah capek
  • Nafas pendek
  • Kurus
  • Insomnia
  • Rambut rontok
  • Kulit tipis
  • Tidak tahan terhadap panas
  • Detak jantung meningkat
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Sembelit
  • Kejang
  • Bengkak disekitar mata



Pencegahan

Pencegahan untuk thyrotoxicosis akan tergantung pada umur kamu, penyebab dan beberapa dari bekas penyakit kamu, dan kondisi lain kesehatan yang pernah kamu alami. Thyrotoxicosis yang tidak dicegah dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti gangguan detak jantung dan oestoporosis yang dapat menyebabkan efek jangka panjang kelebihan hormon.

  • Pencegahan obat

    Dua “antithyroid” obat tersedia untuk menekan hyperthyroidism. Obat tersebut menekan production kelenjar thyroid oleh hormon thyroid. Obat digunakan untuk tujuan ini meliputi :methimazole (Tapazole) dan propylthiouracil (PTU).

    Kelompok lain dari obat yang disebut beta adrenergic blocking agents dapat mengurangi beberapa gejala thyrotoxicosis. Tingkatan hormon thyroid dalam darah bagaimanapun juga tidak menyebabkan keterlangsungan tingakan tinggi dari sirkulasi hormon pada aliran darah obat-obat ini antara lain propranolol (Inderal), atenolol (Tenormin), metoprolol (Lopressor) dan nadolol (Corgard). Mereka biasanya digunakan pada kombinasi dalam pencegahan thyrotoxicosis.

  • Yodium Radioactive

    Kamu harus memilih untuk mencegah kondisi permanen yang berbahaya pada sell thyroid dengan memproduksi hormon thyroid. Hal ini dapat menyebabkan ketergantungan dengan penggunaan yodium radioactive yang telah digunakan sejak tahun 1940. Yodium radioactive adalah perawatan yang lebih nyaman yang menggunakan kapsul cair. Sekali tercerna, ia langsung diserap dan dibawa oleh aliran darah kemudian diambil oleh sel thyroid.


  • Pembedahan

    Kamu harus merekomendasi bahwa pembedahan akan melepaskan semua bagian dari kelenjar thyroid. Kamu dapat memilih pelepasan sebagian dari kelenjar tyroid mu jika salah satu atau lebih tonjolan dari kelenjar berlebihan. Bagaimanapun juga jika tonjolan banyak masuk ke dalam kelenjar thyroid kemudian memperbanyak diri, dokter kamu harus mengeluarkan semuanya. Type pengobatan seperti ini dapat menyebabkan kondisi hyperthyroidism. Dokter kamu harus berbicara dengan kamu tentang proses dan kondisi dari pengobatan ini dan selama hal ini merupakan pilihan terbaik untukmu.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya Perempuan berusia l8 tahun, saya sudah melakukan pemeriksaan darah, dri pemeriksaan itu diketahui bahwa T3 & T4 saya Di atas normal, sdh 1,5 tahun saya control Dan minum obat, berapa bulan yg lalu T3 & T4 saya dh mulai turn. taping sekarang saya merasakan berapa gejala thyroid itu lagi.